Contoh Menghitung 2D & 3D Shapes Menggunakan Program

Kali ini saya akan memberikan contoh untuk membuat program menghitung luas 2D & 3D Shapes.
Saya akan coba membuat program untuk menghitung Luas Persegi Panjang (2D) dan Luas Lingkaran (3D).






Menghitung Luas Persegi Panjang :

Algoritma :
- Masukkan Panjang
- Masukkan Lebar
- Proses Luas = Panjang * Lebar
- Hasil Luas Persegi Panjang

Pseudo-code :
- Input Panjang
- Input Lebar
- Process Luas = Panjang * Lebar
- Print : Luas

Flow chart :
untuk coding nya bisa dilihat di bawah ini :#include<stdio.h>#include<stdlib.h>
int main(){   int panjang, lebar, luas;   printf("\nMasukkan panjang Persegi Panjang : ");   scanf("%d", &panjang);   printf("\nMasukkan lebar Persegi Panjang : ");   scanf("%d", &lebar);   luas = panjang * lebar;   printf("\nJadi, Luas Persegi Panjang : %d", luas);   return (0);}
Meghitung Luas Lingkaran :

Algoritma :
- Masukkan nilai phi (3.14), dan radius (jari-jari) lingkaran
- Masukkan rumus Luas = 3.14 * r * r
- Hasil Luas lingkaran

Pseudo-code :
- Input phi (3.14)
- Input radius (jari2 lingkaran)
- Process Luas = phi (3.14) * r * r
- Print : Luas

Flowchart :













Berikut coding untuk menghitung Luas Lingkaran :

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>

void main()
{
   float radius, phi=3.14, luas;
   printf("\n===== Program Menghitung Luas Lingkaran =====");
   printf("\n\nMasukan nilai jari-jari = ");
   scanf("%f", &radius );
   luas = phi*radius*radius;
   printf("\nJadi, Luas Lingkaran = %f", luas);
   return (0);
}



Comments

Popular Posts