Algorithm & Programming
Apakah Algoritma itu?
Definisi sederhana dari Algoritma adalah metode yang digunakan untuk pemecahan masalah, khususnya yang berkaitan dengan struktur coding pada program komputer.
Langkah-langkah untuk mengaplikasikan algoritma dalam struktur program, yaitu :
1. Mengindentifikasi/mendefinisikan masalah
2. Membuat model
3. Merancang algoritma (input-process-output).
4. Menuliskan program
5. Melakukan eksekusi program (compile-execute).
6. Menjalankan program
7. Memperbaiki masalah
8. Dokumentasi
Contoh sederhana algoritma :
--- Algoritma Menyalakan Komputer ---
a. Pastikan semua kabel telah terkoneksi dengan benar.
b. Nyalakan stabilizer voltage (jika ada).
c. Tekan tombol power (on) pada monitor untuk menyalakan layar.
d. Tekan tombol power (on) pada CPU untuk menyalakan CPU .
e. Tunggu hingga proses booting selesai dan muncul pada layar.
f. Komputer siap digunakan.
Sebagaimana fungsi dari algoritma adalah sebagai metode pemecah masalah, maka kita juga harus mengetahui dan mendefinisikan masalah tersebut. Masalah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
- Input = Nilai yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah.
- Process = Eksekusi untuk menghasilkan output.
- Output = Hasil dari proses.
Ada 2 cara yang biasa digunakan untuk membuat Algoritma, yaitu :
1. Pseudo-code : atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan kode_palsu adalah kode-kode yang dibuat agar dapat dimengerti (biasanya menggunakan bahasa Inggris) dan selanjutnya diolah kembali dan diubah dalam suatu kode pemrograman. Pseudo-code dapat diartikan juga sebagai cara menuliskan sebuah algoritma secara high-level (level tingkat tinggi).
Contoh :
pseudo-code meminta inputan umur dan mencetaknya :
1. Read umur
2. Print umur
Dalam bahasa C, pseudo-code diatas dapat diubah menjadi :
int umur [10];
scanf("%d",umur); //read umur
printf("umur : %d",umur); //print umur
2. Flow Chart : secara sederhana didefinisikan sebagai diagram gambar yang terdiri dari lambang-lambang fungsi tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah.
Definisi sederhana dari Algoritma adalah metode yang digunakan untuk pemecahan masalah, khususnya yang berkaitan dengan struktur coding pada program komputer.
Langkah-langkah untuk mengaplikasikan algoritma dalam struktur program, yaitu :
1. Mengindentifikasi/mendefinisikan masalah
2. Membuat model
3. Merancang algoritma (input-process-output).
4. Menuliskan program
5. Melakukan eksekusi program (compile-execute).
6. Menjalankan program
7. Memperbaiki masalah
8. Dokumentasi
Contoh sederhana algoritma :
--- Algoritma Menyalakan Komputer ---
a. Pastikan semua kabel telah terkoneksi dengan benar.
b. Nyalakan stabilizer voltage (jika ada).
c. Tekan tombol power (on) pada monitor untuk menyalakan layar.
d. Tekan tombol power (on) pada CPU untuk menyalakan CPU .
e. Tunggu hingga proses booting selesai dan muncul pada layar.
f. Komputer siap digunakan.
Sebagaimana fungsi dari algoritma adalah sebagai metode pemecah masalah, maka kita juga harus mengetahui dan mendefinisikan masalah tersebut. Masalah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
- Input = Nilai yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah.
- Process = Eksekusi untuk menghasilkan output.
- Output = Hasil dari proses.
Ada 2 cara yang biasa digunakan untuk membuat Algoritma, yaitu :
1. Pseudo-code : atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan kode_palsu adalah kode-kode yang dibuat agar dapat dimengerti (biasanya menggunakan bahasa Inggris) dan selanjutnya diolah kembali dan diubah dalam suatu kode pemrograman. Pseudo-code dapat diartikan juga sebagai cara menuliskan sebuah algoritma secara high-level (level tingkat tinggi).
Contoh :
pseudo-code meminta inputan umur dan mencetaknya :
1. Read umur
2. Print umur
Dalam bahasa C, pseudo-code diatas dapat diubah menjadi :
int umur [10];
scanf("%d",umur); //read umur
printf("umur : %d",umur); //print umur
2. Flow Chart : secara sederhana didefinisikan sebagai diagram gambar yang terdiri dari lambang-lambang fungsi tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah.
Flow chart selalu diawali dan diakhiri dengan terminator. Aliran flowchart selalu dimulai dari atas, kiri dan kana, dan flowchat tidak pernah dikerjakan secara bersamaan tetapi selalu dikerjakan satu persatu.Berikut contoh gambar flowchart untuk menghitung nilai terbesar, nilai terkecil, dan nilat rata-rata dari 3 buah bilangan :
Dari flowchart di atas dapat dilihat penggambaran bagaimana cara program nantinya akan berjalan.
Nah, itulah definisi dan konsep dasar dari Algorithm & Programming yang bisa saya jelaskan. Semoga bermanfaat 😁
Comments
Post a Comment